Search

Tetap Sehat di Tengah Wabah Covid-19, Salah Satu Caranya Minum Susu - Grid.ID

Minum susu untuk dapatkan tambahan nutrisi agar daya tahan tubuh seimbang dalam hadapi corona

Minum susu untuk dapatkan tambahan nutrisi agar daya tahan tubuh seimbang dalam hadapi corona

GridHealth.id - Meski pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah sebagai upaya mengurangi penyebaran dan #hadapicorona (Covid-19), bukan berarti kita jadi santai dan berleha-leha di rumah.

Sebaliknya, kita harus tetap melakukan pencegahan Covid-19 dengan cara memperkuat kekebalan daya tubuh.

Baca Juga: 6 Dokter Meninggal Dunia saat Tangani Pasien Covid-19, Jokowi Langsung Berikan Insentif hingga Rp 15 Juta per Bulan

Beberapa hal yang bisa kita lakukan yaitu berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta menambah asupan nutrisi dari susu maupun suplemen.

Memperoleh asupan nutrisi memang disarankan melalui sayuran dan buah. Namun, tak dipungkiri masih saja banyak orang yang malas dan tidak menyukai sayur dan buah.

Baca Juga: Telah Hadir Aplikasi yang Mampu Memberikan Rekomendasi Suplemen yang Dibutuhkan Tiap Individu Sesuai Kebutuhannya

Studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam National Library of Medicine, rata-rata orang dewasa di Amerika Serikat hanya mengkonsumsi 64% dari porsi sayuran dan setengah dari porsi buah yang direkomendasikan oleh Dietary Guidelines for Americans (DGAs).

Sebaliknya, mereka justru mengonsumsi lemak padat, alkohol, dan gula tambahan sebanyak 2 - 3 kali lipat dari batas yang direkomendasikan.

Padahal penting untuk mendapatkan cukup asupan nutrisi untuk kesehatan tubuh juga memperkuat kekebalan tubuh dalam mencegah Covid-19.

Baca Juga: Virus Corona Masuk Indonesia, Dilarang Panik Demi Tetap Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan pedoman Dietary Guidelines for Americans tahun 2010, seharusnya kita mendapatkan nutrisi utama dari makanan.

Namun, Dr. Howard Sesso, seorang ahli epidemiologi, berpendapat bahwa bertambahnya usia bisa membuat tubuh kesulitan menyerap nutrisi dari makanan.

"Seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk menyerap nutrisi dari makanan berkurang. Selain itu, kebutuhan energi kita tidak sama, dan kita cenderung makan lebih sedikit," jelas Dr. Howard Sesso, seperti dikutip dari HealthHarvard.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Vitamin E Dituding Sebabkan Kanker

Oleh karenanya, DGAs merekomendasikan bahwa suplemen secara spesifik mungkin diperlukan untuk populasi berisiko, seperti wanita postpartum, serta orang dengan usia lanjut.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, Dr. Howard Sesso selaku ahli epidemiologi dan Dr. Clifford Lo seorang profesor nutrisi di Harvard School of Public Health, menyarankan usia lanjut sebaiknya memperbaiki pola makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen.

Hal ini dikarenakan, jika terlalu sering konsumsi suplemen, justru bisa membahayakan tubuh.

"Suplemen vitamin A tambahan dapat menyebabkan tingkat toksik yang berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering," kata Dr. Clifford Lo, seperti dikutip dari Health Harvard.

Baca Juga: Update COVID-19; Terlalu Banyak Konsumsi Suplemen Imun Bisa Timbulkan Risiko Autoimune

Sebagai alternatif, kita bisa mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dari susu.

Pedoman Dietary Guidelines for Americans tahun 2010, mencatat bahwa susu dan produk susu berkontribusi banyak nutrisi, seperti kalsium, vitamin D (untuk produk yang diperkaya dengan vitamin D), dan kalium.

Bukti menunjukkan bahwa asupan susu dan produk susu mampu meningkatan kesehatan tulang, terutama pada anak-anak dan remaja.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kunyit Bagi Kesehatan, Bermanfaat Dalam Kondisi Wabah Seperti Saat Ini?

Selain itu, bukti lain juga menunjukkan bahwa asupan susu dan produk susu mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2, serta tekanan darah rendah pada orang dewasa.(*)

 #berantasstunting #hadapicorona

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
March 23, 2020 at 06:25PM
https://ift.tt/3blCV3O

Tetap Sehat di Tengah Wabah Covid-19, Salah Satu Caranya Minum Susu - Grid.ID
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tetap Sehat di Tengah Wabah Covid-19, Salah Satu Caranya Minum Susu - Grid.ID"

Post a Comment


Powered by Blogger.