Search

5 Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil, Kaya Nutrisi Penting untuk Janin - merdeka.com

5 Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil, Kaya Nutrisi Penting untuk Janin susu kedelai. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Manfaat susu kedelai bagi kesehatan memang terbukti, terutama bagi ibu hamil karena kandungan nutrisi kedelai yang melimpah. Nutrisi ini bisa menjadi alternatif yang baik bagi ibu hamil yang tidak memiliki toleransi yang tinggi pada laktosa dalam susu hewani.

Susu kedelai merupakan susu yang dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Susu ini berasal dari tanaman dan secara alami dan bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Jadi, jenis susu nabati ini dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi ataupun susu kambing.

Susu nabati seperti susu kedelai dapat menjadi solusi utama yang murah dan mudah didapatkan. Berbagai nutrisi pada susu kedelai seperti asam folat, vitamin, protein, hingga karbohidrat bisa bermanfaat sebagai kebutuhan nutrisi kesehatan ibu hamil dan janin.

Untuk mengetahui manfaat dari susu kedelai secara lebih rinci, berikut kami rangkum 5 manfaat susu kedelai bagi ibu hamil yang kaya nutrisi penting untuk perkembangan janin.

1 dari 5 halaman

1. Mengadung Karbohidrat yang Tinggi

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil yang pertama adalah dapat menambah energi. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Karbohidrat sebagai sumber energi menjadi salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh ibu hamil.

Biasanya, ibu hamil lebih rentan mengalami kelelahan akibat perubahan hormon selama masa kehamilan. Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil juga bisa didapatkan oleh janin yang ada di dalam perutnya.

Kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada biji kedelai membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses tubuh. Hal ini membuat energi yang dihasilkan juga akan bertahan lebih lama.

2 dari 5 halaman

2. Kaya Protein yang Mendukung Perkembangan Janin

Memiliki kandungan protein yang tinggi menjadikan salah satu manfaat susu kedelai yang baik bagi ibu hamil dan mendukung perkembangan janin. Tidak hanya itu, protein berkualitas tinggi akan mendorong pembentukan jaringan organ yang mendukung perkembangan janin serta dapat membantu memperbaiki sel-sel di dalam tubuh.

macam macam olahraga ringan untul ibu hamil bisa dipraktikkan di rumah

2020 Merdeka.com

Protein yang ada dalam biji kedelai dapat menjadi pengganti yang setara dengan protein daging. Bahkan, protein kedelai memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih sedikit. Susu kedelai bisa dimanfaatkan sebagai sumber asupan protein untuk ibu hamil, baik yang menjalani pola makan vegetarian maupun tidak.

3 dari 5 halaman

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium Harian

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium. Bagi sebagian ibu hamil yang sensitif terhadap sinar matahari, susu kedelai menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian untuk anda.

10 manfaat yoga untuk ibu hamil

2020 Merdeka.com

Kandungan kalsium yang ada pada susu kedelai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit dan penglihatan. Selain itu, kombinasi vitamin D dan kalsium juga akan membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada bayi.

4 dari 5 halaman

4. Mengurangi Risiko Anemia

Anemia, menjadi salah satu masalah yang terjadi pada ibu hamil. Jika anemia tidak segera ditangani secara serius dapat menyebabkan risiko kelahiran bayi prematur dan memiliki berat badan rendah.

ilustrasi susu kedelai

Shutterstock/vanillaechoes

Anemia merupakan kondisi di mana ketika seseorang kekurangan zat besi sehingga bisa menimbulkan berbagai efek samping. Padahal, pada masa kehamilan biasanya pasokan darah yang dibutuhkan menjadi dua kali lipat lebih banyak. Oleh sebab itu, peranan zat besi bagi ibu hamil memang sangat diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang nantinya akan memberi pasokan oksigen untuk bayi.

Oleh sebab itu, baiknya adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi contohnya susu kedelai. Minum susu kedelai bisa jadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil. Karena itulah, salah satu manfaat susu kedelai bagi ibu hamil adalah mengurangi risiko anemia.

5 dari 5 halaman

5. Mengurangi Risiko Penyakit Bawaan Lahir

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil yang terakhir adalah mengurangi risiko penyakit bawaan lahir pada janin. Konsumsi asam folat yang cukup akan sangat dibutuhkan karena dapat meningkatkan perkembangan sel-sel saraf pada janin.

Selain itu,kandungan asam folat pada susu kedelai juga mengurangi risiko cacat bawaan lahir seperti kecatatan tabung saraf janin atau neural tube defects (NTD). Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi cukup folat yang salah satunya dapat diperoleh dari susu kedelai agar bayi lahir dengan sehat dan sempurna.

Meskipun beberapa manfaat susu kedelai baik untuk ibu hamil, sebaiknya konsumsi susu kedelai sesuai dengan aturan dan jangan berlebihan atau sembarangan. Sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelu memutuskan untuk memilih susu kedelai sebagai minuman rutin pada masa kehamilan

[raf]

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
March 12, 2020 at 12:44PM
https://ift.tt/2Q7Knax

5 Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil, Kaya Nutrisi Penting untuk Janin - merdeka.com
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil, Kaya Nutrisi Penting untuk Janin - merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.