Search

Susu Sangat Penting untuk Asupan Orang Dewasa! - ayobekasi.net

ilustrasi. (Pixabay)

BANDUNG, AYOBEKASI.NET -- Salah satu penunjang dari gaya hidup sehat adalah asupan gizi yang seimbang. Dan susu merupakan bagian dari asupan gizi penting yang tidak boleh dilewatkan, bahkan oleh orang dengan rentang usia dewasa sekalipun.

Beberapa orang menganggap bahwa susu cukup dikonsumsi oleh anak-anak saja. Padahal, orang dewasa pun masih membutuhkan asupan gizi dari susu. Utamanya, susu dibutuhkan untuk menambah energi bagi tubuh, saat Anda beraktivitas seharian penuh.

"Susu itu biasanya untuk anak-anak saja deh. Pasti malu orang-orang dewasa untuk konsumsi susu. Padahal saya sendiri masih merekomendasikan konsumsi susu untuk usia dewasa dewasa muda tapi dalam jumlah yang cukup," terang Dokter Spesialis Gizi dr Diana F Suganda saat menerangkan materi pada acara 'Media Talk Show Nutrisi On-The-Go Untuk Anak Muda’ di Kalpa Tree Dine and Child, Kota Bandung, Kamis (5/3/2020).

Lebih lanjut, dr Diana mengatakan bahwa asupan susu masih dibutuhkan oleh semua kelompok usia, termasuk usia dewasa. Hanya saja, jumlah dan takarannya berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan asupan masing-masing.

"Jadi sebetulnya susu masih dibutuhkan pada semua kelompok usia. Tinggal nanti jumlahnya aja yang beda, untuk anak sekian ml, untuk dewasa sekian ml, untuk lansia sekian ml, itu yang diatur. Masih ada kebutuhannya," tambahnya.

Di dalam presentasinya, dr Diana memaparkan sebuah contoh penelitian tentang koresponden dewasa yang tidak mengonsumsi susu. Susu tersebut diganti oleh bahan makanan lain dengan jumlah kalsium yang sama.

"Pada koresponden dewasa jadi dia gak minum susu, susunya digantikan oleh bahan makanan lain dg jumlah kalsium yang sama. Misalnya kan makanan sumber kalsium banyak ya. Sayur-sayuran hijau, kita makan ada soya yang diperkaya kalsium," katanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, koresponden tersebut kekurangan berbagai nutrisi penting bagi tubuh, salah satunya asupan mikronutrien. Tidak hanya kekurangan kalsium, tapi mereka juga kekurangan protein, kalium, magnesium, fosfor, dan mikronutrien lain.

 "Nah pada saat responden itu gak minum susu, digantikan dengan makanan-makanan tersebuy Ternyata bukan cuman asupan kalsium yang kurang, tetapi kekurangan protein, kalium, magnesium, fosfor. Semua mikronutrien yang dibutuhkan tubuh tuh berkurang," terang dr Diana.

Mikronutrien sendiri, jelasnya, merupakan bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Tapi, meskipun sedikit hal tersebut sangat penting untuk menunjang daya tahan tubuh seseorang.

"Mikro itu artinya kecil. Jadi sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh tapi dalam jumlah yang sedikit. Komposisinya itu dalam mili gram (mg). Tapi kalau yang kecil itu badan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jadi meskipun dikit tapi  penting banget si mikro ini," jelasnya.

Itulah mengapa, terangnya, apabila seseorang kekurangan asupan mikronutrien, tubuhnya tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Dan guna mencukupi asupan mikronutrien pada tubuh, mengonsumsi segelas susu secara rutin bisa menjadi pilihan yang tepat.

"Jadi kalau mau langsung cepet, dan udah cocok semua ada makronutrien, mikronutrien.  Kita bisa ambil segelas susu," kata dr Diana.

Salah satu minuman yang bisa menjadi pilihan untuk penuhi asupan nutrisi susu adalah Nutriboost.

The Coca-cola Company menghadirkan sebuah produk minuman bernama Nutriboost. Yaitu minuman susu dengan logo VITA GO, yang cocok menjadi pilihan praktis anak muda Indonesia dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka.

"Karena itu, kami menghadirkan nutriboost minuman susu dengan rasa cokelat dan kopi dengan berbagai kandungan vitamin untuk menjadi pilihan praktis anak muda dalam membantu pemenuhan kebutujan nutrisi, " ujar Marketing Manager Coca-cola Indonesia Andrew Soendjojo dalam acara 'Media Talk Show Nutrisi On-The-Go Untuk Anak Muda’ di
Kalpa Tree Dine and Child, Kota Bandung, Kamis (5/3/2020).

Andrew menjelaskan Nutriboost juga mengandung vitamin B3 dan B6 untuk membantu pembentukan dan metabolisme energi, serta Vitamin E dan zink yang bermanfaat untuk tubuh.

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
March 06, 2020 at 02:12PM
https://ift.tt/2PSF6ng

Susu Sangat Penting untuk Asupan Orang Dewasa! - ayobekasi.net
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Susu Sangat Penting untuk Asupan Orang Dewasa! - ayobekasi.net"

Post a Comment


Powered by Blogger.