Search

Benarkah Minum Susu Setiap Hari Dapat Menyebabkan Kanker Payudara? - Trubus.id

Minum susu. (London Free Press)

Trubus.id -- Sebuah penelitian mungkin akan mengejutkan bagi wanita penggemar susu, bahwa konsumsi susu dalam jumlah sedang dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita. Risiko bisa setinggi 80 persen tergantung pada jumlah yang dikonsumsi. Penelitian ini membuat beberapa pernyataan menakutkan, yang mengatakan, dengan meminum hingga satu cangkir per hari, risiko yang terkait naik hingga 50 persen, dan bagi mereka yang minum dua hingga tiga cangkir per hari, risikonya meningkat lebih lanjut menjadi 70 persen menjadi 80 persen, kata para peneliti.

Bukti yang kuat

Sebuah bukti yang cukup kuat bahwa susu, baik susu atau faktor lain yang berkaitan erat dengan minum susu adalah penyebab kanker payudara pada wanita,” kata penulis studi pertama Gary E. Fraser dari Loma Linda University di AS. “Memiliki sedikitnya 1/4 hingga 1/3 cangkir susu sapi per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 30 persen," kata Fraser.

Baca Lainnya : Benarkah Makan Pisang dan Susu Bersamaan Baik untuk Kesehatan?

Penelitian

Untuk temuan, yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology, asupan makanan dari hampir 53.000 wanita Amerika Utara dievaluasi untuk penelitian ini, yang semuanya awalnya bebas dari kanker dan diikuti selama hampir delapan tahun. Asupan makanan diperkirakan dari kuesioner frekuensi makanan (FFQ), juga diulang 24 jam penarikan, dan kuesioner awal memiliki pertanyaan tentang demografi, riwayat keluarga kanker payudara, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, penggunaan hormon dan obat lain, skrining kanker payudara, dan sejarah reproduksi dan ginekologis.

Kedelai tidak terkait dengan kanker?

Pada akhir periode penelitian, ada 1.057 kasus kanker payudara baru selama masa tindak lanjut. Tidak ada hubungan yang jelas yang ditemukan antara produk kedelai dan kanker payudara, independen terhadap susu. Tetapi, bila dibandingkan dengan konsumsi susu yang rendah atau tidak sama sekali, asupan kalori dan susu yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih besar, terlepas dari asupan kedelai, kata studi tersebut.

Baca Lainnya : Dapatkah Susu Membantu Menambah Berat Badan Bagi Si Kurus?

Lemak penuh vs Rendah lemak dan produk lainnya

Para peneliti mencatat bahwa hasilnya memiliki variasi minimal ketika membandingkan asupan lemak penuh dengan susu tanpa lemak atau tanpa lemak; tidak ada hubungan penting yang dicatat dengan keju dan yoghurt. "Namun, katanya, makanan susu, terutama susu, dikaitkan dengan peningkatan risiko, dan data memperkirakan penurunan risiko yang nyata terkait dengan penggantian susu kedelai untuk susu sapi."

Kandungan hormon seks dalam susu adalah pelakunya?

Sesuai penelitian, kemungkinan alasan untuk hubungan antara kanker payudara dan susu ini mungkin karena kandungan hormon seks dalam susu sapi, karena sapi-sapi itu tentu saja menyusui, dan seringkali sekitar 75 persen dari kawanan sapi perah hamil. Kanker payudara pada wanita adalah kanker hormon-responsif. Lebih jauh, asupan susu dan protein hewani lainnya dalam beberapa laporan juga dikaitkan dengan kadar hormon dalam darah yang lebih tinggi, insulin-like growth factor-1 (IGF-1), yang diperkirakan dapat memicu kanker tertentu. "Susu susu memang memiliki beberapa kualitas gizi positif, tetapi ini perlu diseimbangkan dengan kemungkinan efek lain yang kurang bermanfaat," Fraser menyimpulkan.

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
March 03, 2020 at 08:00AM
https://ift.tt/3aoGdmA

Benarkah Minum Susu Setiap Hari Dapat Menyebabkan Kanker Payudara? - Trubus.id
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Benarkah Minum Susu Setiap Hari Dapat Menyebabkan Kanker Payudara? - Trubus.id"

Post a Comment


Powered by Blogger.