Search

6 Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan, Tak Kalah dengan Susu Sapi - Bola.com

Bola.com, Jakarta - Kambing etawa, kambing yang bersasal dari Desa Senduro, Kabupaten Lumajang. Selain dagingnya bisa dikonsumsi, susu kambing etawa juga dapat dimanfaatkan.

Susu kambing etawa dipercaya memiliki manfaat yang bagi kesehatan tubuh Anda. Kambing etawa adalah hasil persilangan kambing lokal Lumajang dengan kambing menggolo.

Susu kambing etawa memiliki nutrisi yang tak kalah baik dengan susu sapi. Namun, susu kambing etawa masih kalah populer dibanding susu sapi. Alasannya, susu sapi mudah ditemui dan harganya cukup terjangkau.

Segelas susu kambing etawa memiliki kandungan 170 kalori, 27 miligram kolesterol, 11 gram karbohidrat, 10 gram protein, dan 6,3 miligram lemak jenih. Susu kambing etawa juga memiliki kandungan lain seperti selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, dan berbagai macam vitamin.

Susu kambing etawa dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Susu kambing etawa juga bisa mengatasi gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan seperti maag kronis, masalah pernapasan, hingga gangguan kesehatan tulang.

Manfaat susu kambing etawa yang mudah Anda jumpai seperti susu dan yogurt. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020), manfaat susu kambing etawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. 

2 dari 7 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu kambing etawa memiliki berbagai macam kandungan nutrisi. Kandungan mineral penting seperti kalium yang ada di dalam susu kambing etawa sangat dibutuhkan tubuh Anda.

Kalium yang ada di dalam susu kambing etawa mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Berdasarkan takaran kalium per 113 mililiter pada susu kambing etawa dan susu sapi, disimpulkan ada perbedaannya. Kandungan kalium susu kambing etawa lebih tinggi 160 mg dibanding susu sapi 149 mg.

Kalium yang ada di susu kambing etawa berguna mengurangi kadar natrium yang ada di dalam tubuh. Susu kambing etawa juga mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

3 dari 7 halaman

2. Menjaga Sel Tubuh

Susu kambing etawa memiliki kandungan asam amino triptofan. Asam amino triptofan mampu menjaga kesehatan saraf.

Susu kambing etawa juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin yang mengatur suasana hati Anda. Susu kambing etawa juga bermanfaat menjaga sel di dalam tubuh dengan mencukupi asupan kalium yang berguna bagi tubuh Anda.

4 dari 7 halaman

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Di dalam sistem pencernaan tubuh Anda memiliki berbagai macam bakteri. Bakteri baik yang berguna untuk menjaga sistem pencernaan Anda.

Susu kambing etawa memiliki kandungan bakteri baik yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda menjadi lebih baik. Kandungan prebiotik dalam susu kambing etawa adalah bakteri baik yang membantu kerja usus dalam mencerna makan.

Prebiotik juga dipercaya dapat melawan bakteri jahat yang ada di usus agar sistem pencernaan Anda tetap sehat.

5 dari 7 halaman

4. Mengatur Kadar pH Tubuh

PH atau potensial hidrogen adalah tolak ukur keseimbangan kadar asam dan basa dalam tubuh Anda. Kadar pH normal pada tubuh idealnya berkisar pada rentang netral-cenderung basa, yaitu 7,35 sampai 7,45.

Kandungan asam amino alkali pada susu kambing etawa membantu menormalkan kembali pH tubuh dan meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Jika kadar asam di tubuh Anda terlalu banyak bisa berakibat sistem imun dalam tubuh Anda melemah dan berisiko mudah jatuh sakit.

6 dari 7 halaman

5. Menjaga Kualitas Tidur

Susu kambing etawa memiliki kandungan triptofan. Kandungan triptofan di dalam susu kambing etawa mampu membantu tubuh memproduksi hormon seretonin.

Hormon seretonin yang Anda dapat setelah mengonsumsi susu kambing etawa berguna untuk mengatur suasana hati, merangsang bagian otak Anda untuk mengendalikan waktu dan bangun tidur. Jika memiliki siklus tidur yang baik, Anda akan terhindar dari risiko berbagai penyakit dan membuat tidur mejadi lebih nyenyak.

7 dari 7 halaman

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu kambing etawa mampu menjaga kesehatan tulang Anda. Susu kambing etawa memiliki kandungan vitain D.

Selain vitamin D, susu kambing etawa juga mengandung fosfor dan kalsium yang baik untuk pembentukan tulang Anda. Susu kambing etawa memiliki kandungan vitamin A, potasium, dan niacin lebih banyak dibanding susu sapi.

Susu kambing etawa lebih sehat dikonsumsi mentah karena manfaat yang diberikan untuk tubuh Anda.

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
March 06, 2020 at 02:56PM
https://ift.tt/2v2zeke

6 Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan, Tak Kalah dengan Susu Sapi - Bola.com
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan, Tak Kalah dengan Susu Sapi - Bola.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.