Search

Penelitian Terbaru: Susu Mungkin Tidak Baik untuk Kesehatan Kita - Trubus.id

Menurut penelitian terbaru, susu mungkin tidak baik untuk kesehatan kita seperti yang pernah kita yakini. (Istimewa)

Trubus.id -- Banyak orang memasukkan susu ke dalam makanan mereka, tetapi hanya sedikit yang memenuhi jumlah harian yang disarankan. Para ahli sekarang mendesak ilmuan untuk memikirkan kembali rekomendasi ini dan menjelaskan mengapa susu mungkin tidak menyehatkan seperti yang kita pikirkan.

Image susu sapi telah mengalahkan sedikit, dengan suka oat, almond, dan susu kedelai dipuji sebagai alternatif ramah lingkungan. Tetapi bagi banyak orang dari segala usia, susu sapi tetap menjadi favorit — diseduh dengan sereal, sebagai teman berbusa untuk kopi, atau dinikmati sebagai minuman sebelum tidur.

Pedoman Diet Amerika Serikat 2015-2020 merekomendasikan agar orang yang berusia 9 tahun ke atas mengonsumsi 3 cangkir produk susu bebas lemak dan rendah lemak (1%). Menurut pedoman tersebut yang disatukan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan A.S. dan Departemen Pertanian A.S., ini termasuk susu, yogurt, keju, dan susu kedelai yang diperkaya.

Namun jumlah rata-rata produk susu yang dikonsumsi orang dewasa AS adalah sekitar 1,6 cangkir setiap hari, jauh dari tingkat yang disarankan.

Apakah itu berarti kita semua harus meningkatkan konsumsi susu?

Para ahli menulis di New England Journal of Medicine tidak berpikir begitu. Sebaliknya, mereka mempertanyakan kualitas bukti yang mendukung rekomendasi ini dan menyarankan sumber alternatif untuk memberi kita nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan kita.

Kekuatan bukti masih 'terbatas'

Perdebatan tentang susu, pada kenyataannya, bukan yang baru. Kembali pada tahun 2014, Connie M Weaver, profesor emeritus dan sebelumnya Kepala Departemen Ilmu Gizi di Universitas Purdue di West Lafayette, IN, menulis sebuah artikel di The American Journal of Clinical Nutrition yang menyoroti kurangnya bukti kualitas yang baik dalam pedoman mendukung susu. 

Dalam artikelnya, yang sebagian didanai oleh Danone Institute International, Weaver menyinggung alasan historis di balik pentingnya susu bagi makanan kita.

“Makanan susu memainkan peran sentral dalam sebagian besar rekomendasi panduan diet. Mereka menyediakan paket nutrisi penting dan komponen bioaktif untuk kesehatan yang sulit diperoleh dalam diet tanpa atau hanya menggunakan produk susu,” tulis Weaver seperti dilansir dari Medical News Today.

"Sejak revolusi pertanian, ketika sumber energi bergeser dari makanan nabati yang relatif tinggi kalsium dalam diet pemburu-pengumpul ke tanaman sereal dengan kandungan kalsium rendah, sumber utama kalsium makanan adalah susu," lanjutnya.

Susu telah tampil dalam setiap iterasi dari Dietary Guidelines AS sejak publikasi pertamanya pada tahun 1917. Setiap 5 tahun, Dietary Guidelines for American Advisory Committee memperbaharui panduan, meninjau bukti yang tersedia.

Weaver mereferensikan penelitian yang menyoroti bagaimana mengikuti diet bebas susu dalam konteks diet Barat ala AS membuat remaja berusia 9-18 tahun berjuang untuk mencapai asupan kalsium yang direkomendasikan.

Untuk tujuan memenuhi asupan nutrisi harian, susu dan keju berkontribusi “46,3% kalsium, 11,6% kalium, dan 7,9% magnesium dalam makanan Amerika.”

Namun, ketika datang ke kesehatan secara keseluruhan, Weaver menulis, "kekuatan bukti untuk konsumsi susu dan kesehatan dibatasi oleh kurangnya uji coba terkontrol secara acak dengan tenaga yang tepat."

Kesehatan manusia dan lingkungan

Maju cepat ke tahun 2020, dan artikel ulasan baru di New England Journal of Medicine mengambil argumen.

Walter C. Willett dan Dr. David S. Ludwig, yang keduanya memegang posisi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan dan Sekolah Kedokteran Harvard di Boston, MA, membahas manfaat susu. Mereka juga mengajukan pertanyaan tentang kemungkinan risiko yang dikonsumsi.

Willett, seorang profesor epidemiologi dan nutrisi, dan Dr. Ludwig, seorang ahli endokrin, menyatakan tidak ada konflik kepentingan atau sponsor industri yang relevan untuk artikel mereka.

Medical News Today bertanya kepada Dr. Willett mengapa dia tertarik untuk mempelajari hubungan antara konsumsi susu dan kesehatan.

"Ini adalah topik penting karena susu adalah salah satu dari sedikit makanan yang secara khusus merupakan bagian dari pedoman diet di AS dan banyak negara lain, dan jumlah yang direkomendasikan di AS (3 gelas per hari atau jumlah keju atau produk susu lainnya dalam jumlah setara) akan membuat sebagian besar dari diet keseluruhan, "jelasnya.

"Namun, penelitian selama beberapa dekade terakhir belum jelas mendukung perlunya asupan tinggi untuk pencegahan patah tulang, yang telah menjadi pembenaran utama, dan beberapa kekhawatiran tentang bahaya telah dikemukakan," lanjutnya. "Karena itu, kami pikir gambaran umum tentang risiko dan manfaat akan berguna."

Tetapi kesehatan bukan satu-satunya perhatian Dr. Willett.

"Juga, susu memiliki jejak lingkungan yang berat, terutama produksi gas rumah kaca, dan jika setiap orang mengonsumsi 3 gelas per hari, ini akan membuat menghindari pemanasan global yang ekstrem menjadi sangat sulit," jelasnya. "Ini setidaknya harus dipertimbangkan ketika membuat keputusan tentang produksi dan konsumsi susu."

Studi memiliki implikasi 'serius'

Dalam artikel mereka, para profesor menyoroti kontribusi susu yang dapat membuat banyak aspek kesehatan kita. Kesehatan tulang mungkin yang paling akrab bagi banyak orang.

Susu adalah sumber kalsium siap pakai, mineral utama untuk mengembangkan dan mempertahankan fungsi tulang yang baik. Namun, penelitian yang menetapkan rekomendasi harian untuk berapa banyak susu dan tambahan kalsium, yang harus kita konsumsi, sangat kecil.

"Dasar rekomendasi AS untuk konsumsi susu berasal dari studi yang menilai keseimbangan asupan kalsium dan ekskresi pada hanya 155 orang dewasa di mana perkiraan asupan kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan adalah 741 mg per hari," para profesor menulis dalam artikel mereka.

"Selain ukuran kecil, studi keseimbangan ini memiliki keterbatasan serius lainnya, termasuk durasi pendek (2 hingga 3 minggu) dan asupan kalsium yang tinggi," mereka melanjutkan.

Bukti tidak mendukung konsumsi susu untuk mengurangi risiko patah tulang pinggul, mereka menjelaskan lebih lanjut. Sebaliknya, mereka menunjukkan bahwa negara-negara dengan susu tinggi dan asupan kalsium juga memiliki tingkat patah tulang pinggul tertinggi.

Mereka merujuk studi tahun 2014 di JAMA Pediatrics oleh Dr. Willett yang meneliti risiko patah tulang pinggul pada pria sehubungan dengan berapa banyak susu yang mereka minum selama masa remajanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu yang lebih tinggi menyebabkan peningkatan risiko patah tulang pinggul di kemudian hari.

Seberapa cepat dan seberapa tinggi kita tumbuh adalah dua contoh lainnya. Penelitian telah membangun hubungan antara ini dan konsumsi susu. Namun, para profesor mendesak agar berhati-hati ketika menarik kesimpulan pada saat ini.

“Konsekuensi kesehatan dari pertumbuhan yang dipercepat dan tinggi badan orang dewasa yang lebih besar adalah kompleks,” tulis mereka. “Perawakan tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah tetapi dengan risiko lebih tinggi dari banyak kanker, patah tulang pinggul, dan emboli paru.”

Berat badan, kesehatan jantung, dan kanker

Willett dan Dr. Ludwig kemudian mengalihkan perhatian mereka ke sejumlah aspek kesehatan kita yang mungkin atau mungkin tidak mempengaruhi konsumsi susu.

Beberapa penelitian telah menyelidiki apakah konsumsi susu bermanfaat untuk manajemen berat badan pada orang dewasa dan anak-anak. Para profesor berpendapat bahwa ini tidak menunjukkan "efek yang jelas."

Selain itu, mereka menunjukkan bahwa “bertentangan dengan saran Departemen Pertanian AS (USDA) untuk memilih produk susu rendah lemak, susu rendah lemak tampaknya tidak memiliki keunggulan dibandingkan susu murni untuk pengendalian berat badan - dan pada anak-anak, bukti yang tersedia menunjukkan bahwa lebih lama - kenaikan berat badan jangka panjang dengan susu rendah lemak dibandingkan dengan susu penuh lemak. "

Mereka juga berpendapat bahwa bukti untuk mendukung efek susu yang baik terhadap tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol lemah dan bahwa penelitian tidak mendukung susu sebagai faktor risiko untuk diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Ketika mereka melihat kanker, penelitian menunjukkan hasil yang beragam. Beberapa penelitian mengaitkan konsumsi susu dengan risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal, mungkin karena tingginya kadar kalsium yang ditemukan dalam susu. Namun, penelitian lain menunjukkan peningkatan angka kanker payudara, prostat, dan endometrium.

Tetapi ketika datang ke penyakit jantung, mereka mengatakan bahwa "untuk orang yang tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah di mana diet sangat tinggi pati, asupan moderat makanan susu dapat mengurangi penyakit kardiovaskular dengan memberikan nilai gizi dan mengurangi beban glikemik."

Apakah rekomendasi tidak dapat dibenarkan?

Jadi, apa yang secara keseluruhan diambil oleh profesor?

"Menurut pendapat kami, rekomendasi saat ini untuk sangat meningkatkan konsumsi makanan susu hingga 3 atau lebih porsi per hari tampaknya tidak dibenarkan," mereka menyimpulkan di koran.

Jumlah susu yang harus dikonsumsi seseorang, menurut mereka, tergantung pada keadaan masing-masing.

“Jika seseorang mengonsumsi makanan berkualitas rendah tinggi tepung dan gula rafinasi, seperti yang biasa terjadi pada banyak populasi [berpenghasilan rendah] di seluruh dunia, susu dapat mengisi beberapa celah nutrisi yang penting,” Dr. Willett menjelaskan kepada MNT. "Namun, jika kualitas diet dinyatakan baik, manfaat tambahan susu akan jauh lebih sedikit."

Tetapi apa artinya itu bagi asupan kalsium dan vitamin D kita?

"Ketika konsumsi susu rendah, dua nutrisi yang menjadi perhatian utama, kalsium dan vitamin D (yang menjadi perhatian khusus di lintang yang lebih tinggi) dapat diperoleh dari makanan atau suplemen lain tanpa konsekuensi negatif potensial dari makanan susu," para profesor menyimpulkan di laporan mereka.

Dan inilah cara mereka mengusulkan agar kita dapat mencapai hal itu:

“Untuk kalsium, sumber makanan alternatif termasuk kangkung, brokoli, tahu, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan jus jeruk yang diperkaya; untuk vitamin D, suplemen dapat memberikan asupan yang cukup dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada susu yang diperkaya. "

- Dr. Walter C. Willett dan Dr. David S. Ludwig

Haruskah kita minum susu atau tidak?

Ketika MNT bertanya kepada Dr. Willett apakah menurutnya orang harus mempertimbangkan untuk menghindari susu, ia menjelaskan: “Dalam ulasan kami, kami menyimpulkan bahwa susu bukan bagian penting dari diet sehat, tetapi konsumsi dalam jumlah sedang sesuai dengan kesehatan yang baik. Karena itu, kami menyarankan kisaran yang memungkinkan untuk kesehatan dari nol hingga sekitar 2 porsi sehari untuk orang dewasa. ”

“Saya pikir memiliki fleksibilitas itu baik karena orang yang berbeda memiliki preferensi yang berbeda karena berbagai alasan,” lanjutnya.

“Untuk alasan lingkungan, menjaga ini menjadi sekitar 1 melayani sehari rata-rata akan menjadi penting. Ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari konsumsi saat ini, yaitu sekitar 1,6 porsi sehari; pergi ke 3 porsi sehari seperti yang direkomendasikan akan menjadi perubahan radikal dan tidak perlu," Dr. Willett menyimpulkan.

“Susu sangat terjalin ke dalam budaya banyak populasi di daerah beriklim dingin karena ini adalah cara untuk memberikan nutrisi sepanjang tahun ketika banyak makanan lain tidak tersedia. Di sebagian besar dunia, orang tidak mengkonsumsi susu sebagai orang dewasa, dan itu tidak penting. ”

- Dr. Walter C. Willett

Medical News Today juga mewawancarai Adda Bjarnadóttir, yang merupakan ahli gizi diet terdaftar di Islandia dan ahli nutrisi kami, tentang artikel Dr. Willet dan Dr. Ludwig dan semua hal tentang susu.

Jadi, seberapa sadarkah masyarakat umum tentang pedoman susu yang direkomendasikan?

"Saya pikir sebagian besar orang sadar akan rekomendasi tersebut tetapi tidak perlu mengingatnya," komentar Bjarnadóttir. "Rekomendasi ini juga istimewa sehingga tidak dapat diterapkan untuk semua orang. Sebagian besar penduduk dunia tidak mentolerir produk susu, dan karenanya susu bukanlah bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. "

‘Dosis membuat ramuan’

Penelitian seperti apa yang ingin dilihat Bjarnadóttir di masa depan untuk membantu memperjelas hubungan antara susu dan kesehatan kita?

"Sudah ada banyak penelitian yang tersedia tentang susu dan susu, dan itu salah satu hal yang mungkin sulit dipelajari dan mendapatkan hasil nyata," jelasnya.

“Asupan susu pada konsumen susu biasa vs asupan susu pada orang yang tidak terbiasa minum susu atau tidak mentolerir susu akan memberikan hasil yang sangat bertentangan dan tidak dapat diandalkan. Ada juga banyak faktor perancu yang perlu dipertimbangkan, seperti status mikronutrien dan asupan makronutrien, ”lanjutnya. 

"Susu dapat memberi lebih banyak manfaat bagi orang-orang yang memiliki protein lebih rendah dan mis., Asupan kalsium daripada orang-orang yang umumnya memiliki asupan lebih tinggi. Selain itu, dosisnya adalah ramuan. Mengkonsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit dari apa pun dapat memiliki efek kesehatan yang buruk.“

“Untuk penelitian di masa depan, saya pikir kami akan mendapatkan informasi yang paling dapat diandalkan dalam uji coba terkontrol acak yang terdefinisi dengan baik di kelompok orang-orang dari berbagai usia yang berbeda, dengan asupan kebiasaan yang berbeda, dan status gizi yang tercatat dengan baik,” Bjarnadóttir mengusulkan. 

“Hasil-hasil itu, ditambah dengan studi observasi longitudinal pada kelompok orang yang sudah mapan dengan asupan susu yang teratur, akan memberi kita beberapa data yang baik untuk bekerja dengannya.

Jadi, apakah Bjarnadóttir berpikir kita harus minum susu atau menjauhi itu?

“Meskipun susu bukanlah komponen penting dari diet sehat, saya pikir jika Anda mentolerir susu dan susu, mereka pasti bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet Anda. Susu padat nutrisi, tinggi protein, dan tersedia, ”katanya.

“Rekomendasi saya adalah membatasi asupan Anda tidak lebih dari 2 porsi per hari dan menekankan konsumsi susu non-manis, lemak penuh, seperti yogurt atau susu murni. Karena itu, jika Anda tidak suka atau tidak mentolerir produk susu, ada banyak cara lain untuk mendapatkan nutrisi yang ditemukan dalam susu dan menjalani kehidupan yang sangat sehat." tuturnya lagi.

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
March 25, 2020 at 03:00PM
https://ift.tt/2UB5TpO

Penelitian Terbaru: Susu Mungkin Tidak Baik untuk Kesehatan Kita - Trubus.id
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penelitian Terbaru: Susu Mungkin Tidak Baik untuk Kesehatan Kita - Trubus.id"

Post a Comment


Powered by Blogger.