Search

7 Manfaat Susu Kedelai, Cegah Osteoporosis hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung - merdeka.com

7 Manfaat Susu Kedelai, Cegah Osteoporosis hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung Ilustrasi susu kedelai. ©Shutterstock/vanillaechoes

Merdeka.com - Orang-orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi sering kali mulai mengonsumsi susu kedelai. Bisa dibilang susu kedelai merupakan minuman nikmat sekaligus menyehatkan. Pengganti susu sapi ini sejatinya bukanlah susu, namun merupakan saripati kedelai yang didapatkan dengan merendam kedelai dalam air dan mengambil sarinya yang putih seperti susu.

Susu kedelai bisa menjadi sumber yang baik untuk serat, magnesium, fosfor, potassium, dan protein. Kandungan gizi yang melimpah dari susu kedelai bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini ada 7 manfaat susu kedelai yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

1. Memperkuat Pembuluh Darah

ilustrasi pembuluh darah

iStock

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah dapat memperkuat pembuluh darah. Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 serta kandungan phyto-antioksidan yang ada dalam kedelai sangat efektif untuk membantu melindungi pembuluh darah dari luka dan pendarahan.

Senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan dari serangan radikal bebas dan juga depost kolesterol. Selain itu, pengikat gizi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

2 dari 7 halaman

2. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang tidak hanya terjadi pada orang tua. Orang yang masih muda juga tetap memiliki risiko terkena osteoporosis jika asupan nutrisinya tidak dijaga.

Melemahnya kekuatan tulang kerap menyebabkan tulang rapuh dan mudah patah. Kondisi semacam ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala apa pun, sampai pada akhirnya tulang patah hanya karena benturan yang ringan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin B12, Vitamin D dan kalsium cenderung memiliki kepadatan tulang yang rendah. Biasanya risiko ini umumnya terjadi pada perempuan.

Kepadatan tulang yang rendah lama kelamaan akan membuat tulang mudah rapuh. Alhasil dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Salah satu cara untuk mencegah osteoporosis adalah dengan rajin minum susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

3 dari 7 halaman

3. Mencegah Penuaan Dini

kulit

Huffington Post

Rajin minum susu kedelai setiap hari juga dipercaya dapat membantu kamu mencegah penuaan dini.

Kandungan fitoestrogen yang ada dalam susu kedelai mampu menghasilkan estrogen lebih banyak untuk tubuh, sehingga keriput dan garis halus dalam kulit akan cepat memudar.

4 dari 7 halaman

4. Bantu Turunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Salah satunya adalah susu kedelai.

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai memiliki jumlah kalori yang kecil. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai juga dapat mencegah penyerapan lemak pada usus sehingga berat badan kamu akan lebih muda untuk dikontrol.

5 dari 7 halaman

5. Melancarkan Pencernaan

003 hikmah wilda amalia

2015 Merdeka.com

Susu kedelai dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik dikonsumsi setiap hari untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu kandungan isoflavone dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan absorpsi sehingga pencernaan jadi cenderung lebih lancar.

6 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Protein yang terbuat dari asam amino di dalam susu kedelai memiliki keuntungan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menurut beberapa penelitian, susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai dengan sedang. Bahkan di antara pasien dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik untuk tekanan darah. Sehingga konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

7 dari 7 halaman

7. Mencegah Kanker Prostat

ilustrasi kanker prostat

hopkinsmedicine.org

Manfaat susu kedelai lainnya yang sangat penting adalah untuk mencegah kanker. Susu kedelai merupakan fitoestrogen, hormon tanaman yang unik yang dapat menghambat produksi testosteron pada laki-laki .

Penurunan kadar testosterone pada laki-laki dapat mengurangi risiko kanker prostat. Bahkan penelitian ini telah menunjukkan bahwa pria yang jaran minum susu kedelai cenderung mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

[nof]

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
March 18, 2020 at 08:00PM
https://ift.tt/3d8GPyT

7 Manfaat Susu Kedelai, Cegah Osteoporosis hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung - merdeka.com
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Manfaat Susu Kedelai, Cegah Osteoporosis hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung - merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.