Search

Ada Ritual Mandi Susu dan Pemujaan Makanan di Festival Thaipusam - Tribun Medan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Festival Thaipusam selalu dirayakan oleh masyarakat Hindu dengan meriah dengan beragam ritual-ritual yang dijalankan.

Perayaan ini identik dengan ritual yang memuja Dewa Muruga yang sangat diagungkan.

Pada hari Thaipusam, pagi harinya masyarakat Hindu akan melaksanakan prosesi Pal Kudam yaitu proses memandikan Dewa Murugan dengan susu.

Selanjutnya di siang hari dilanjutkan dengan Maheswara Pooja yaitu dengan ritual pemujaan makanan sebelum dimakan, dan yang menjadi puncak pada malam hari yaitu arakan kereta kencana khas India atau disebut Radoo mengelilingi Kota Medan.

Pihak pengurus Kuil Shree Sopramaniem Nagarathar, R.Mahendra Mohan Chettiar,SE menjelaskan bahwa prosesi pemandian susu kepada dewa Muruga ini dilaksanakan dengan membawa susu dan wadah.

Dalam prosesi ini diikuti oleh 200 orang yang diantaranya terdapat 20 warga negara Malaysia yang beragama Hindu.

"Semalam pagi di 8 feb ada prosesi pemandian susu yang biasa disebut Pal Kudam yaitu prosesi ini menyiapkan susu 1 liter dengan menyediakan tempat. Kemudian susu tersebut dituangkan ke tempatnya dan diarak di dalam kuil sebanyak 1 atau 3 kali keliling kemudian susu tersebut diserahkan kepada pendeta yang lalu akan dimandikan kepada dewa Murugan," jelasnya, Senin (10/2/2020).

Ia juga menambahkan bahwa dalam prosesi memandikan susu ini dapat diikuti oleh siapa saja.

"Di hari spesial Thaipusam ini, semua orang boleh memberikan mandi kepada dewa Murugan dengan membawa susu, hanya susu saja tidak lebih. Tapi seseorang jika ingin membawa yang lain. Maka harus membawa beberapa macam bahan-bahan untuk mandi yang biasa disebut abisegeumabisegeum," ujar Mohan.

Mohan menuturkan kalau memandikan susu kepada Dewa Muruga ini sebagai bentuk nazar untuk memohon kehidupan yang lebih baik lagi.

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
February 10, 2020 at 02:16PM
https://ift.tt/39kqqVh

Ada Ritual Mandi Susu dan Pemujaan Makanan di Festival Thaipusam - Tribun Medan
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Ritual Mandi Susu dan Pemujaan Makanan di Festival Thaipusam - Tribun Medan"

Post a Comment


Powered by Blogger.