Search

Susu Kecoak Bakal Jadi Tren 2020, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan? - iNews

JAKARTA, iNews.id - Makanan yang lebih sehat dan ramah lingkungan diperkirakan menjadi tren 2020. Namun, salah satu tren 'makanan sehat' ini muncul secara kontroversial. Adalah susu kecoak.

Hal ini karena popularitas susu alternatif sedang naik selama dua tahun terakhir. Mulai dari oatmilk, susu kedelai, kelapa, dan susu kecoak. Apa manfaatnya bagi kesehatan?

Ahli gizi Egzona Makolli mengatakan, susu kecoak berasal dari kecoak betina jenis kumbang Pasifik. Susu yang dihasilkan serangga ini, kata dia, fungsinya untuk memberi makan anak-anak mereka.

"Tahun 2016 peneliti di India dapat mengidentifikasi nilai gizi dari jenis susu ini. Penelitian itu menunjukkan, susu kecoak mengandung kristal protein, sejumlah energi baik, yang dikemas dengan jumlah asam amino esensial yang penting untuk kesehatan," kata Makolli, seperti dikutip dari Metro UK, Jumat (10/1/2020).

Para ahli percaya bahwa susu tersebut padat energi dan kaya protein daripada susu lainnya. Bahkan, susu tersebut memiliki nutrisi tiga kali lebih banyak dari ASI.

Namun untuk menghasilkan 3,5 ons susu saja, membutuhkan 1.000 kecoak betina jenis kumbang Pasifik. Sehingga dinilai belum mungkin untuk mengembangkan produk susu kecoak secara massal.

Sebagai gantinya, disarankan untuk mengganti susu alternatif dari yang berbahan dasar tanaman. Misalnya, susu almond, susu gandum (oatmilk), dan susu kedelai.

Editor : Tuty Ocktaviany

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
January 10, 2020 at 12:02AM
https://ift.tt/2QZnQfT

Susu Kecoak Bakal Jadi Tren 2020, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan? - iNews
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Susu Kecoak Bakal Jadi Tren 2020, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan? - iNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.