Search

Manfaat dan Kandungan Susu Sapi untuk Kesehatan - MetroBanten

Post Views: 813

Metrobanten, Kesehatan – Susu merupakan salah satu minuman favorit banyak orang, karena mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti kalsium, vitamin D, dan protein. Salah satu jenis susu yang kaya akan nutrisi adalah susu murni. Susu  jenis ini tidak melalui banyak proses pengolahan.

Selain belum diolah atau proses pasteurisasi, susu murni juga tidak mengalami penambahan atau pengurangan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di dalam satu gelas (250 ml) susu murni setidaknya mengandung 150 kalori, sekitar 8 gram protein, 280 mg kalsium dan 98 IU (International Unitsvitamin D.

Kandungan Susu Sapi

Di negara-negara maju, sapi perah dipelihara dalam populasi yang sangat tinggi, karena merupakan salah satu sumber kekuatan ekonomi bangsa. Sapi perah menghasilkan susu sapi dengan keseimbangan nutrisi sempurna yang tidak dapat digantikan bahan makanan lain.

Susu sapi disebut juga darah putih bagi tubuh karena kandungan susu memiliki banyak vitamin dan berbagai macam asam amino yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi susu terdapat vitamin B2 dan vitamin A, selain protein juga terdapat macam-macam asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh.

Kandungan susu juga terdapat kolin yang melimpah; nutrisi penting yang ditemukan untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin membantu menjaga struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak dan dapat mengurangi peradangan kronis.

Kandungan gizi susu lainnya seperti potasium yang dapat menurunkan risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, perlindungan terhadap hilangnya massa otot. Sementara vitamin D dapat menyehatkan tulang, yang membantu dalam pembentukan, pertumbuhan, dan perbaikan tulang. Kandungan susu ini juga memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan fungsi kekebalan tubuh.

Manfaat Minum Susu Sapi untuk Pertumbuhan dan Kesehatan TubuhS

Dengan mengonsumsi minimal segelas susu sapi setiap hari, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat susu sapi bagi tubuh, di antaranya:

Sebelum mengonsumsi susu murni, sebaiknya Anda memahami beberapa efek susu murni bagi tubuh. Efek-efek tersebut antara lain:

Manfaat susu sapi dapat meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium yang kemudian dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Mark Houston, direktur dari Hypertension Institute di St. Thomas Hospital di Tennessee.

Asosiasi Peternak Sapi Perah Indonesia (APSPI) mengusulkan adanya penetapan harga susu segar yang ideal di dalam negeri. Penetapan harga ini diharapkan mampu melindungi para peternak lokal serta tetap memberikan keuntungan bagi industri yang menyerap susu segar dalam negeri (SSDN).

Ketua APSPI, Agus Warsito, mengatakan, saat ini harga jual susu segar di tingkat peternak lokal hanya berkisar Rp 4.500-5.000 per liter. Angka ini dinilai terlalu rendah sehingga peternak tak mampu menutup biaya operasional yang layak untuk menghasilkan susu berkualitas.

Susu sapi mencegah kanker

Vitamin D mungkin memainkan peran dalam regulasi pertumbuhan sel dan perlindungan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa ada risiko kematian yang lebih tinggi dari kanker kolorektal di wilayah geografis yang paling sedikit mendapat cahaya matahari. Sebagai solusi untuk mendapatkan vitamin D selain dari sinar matahari, manfaat susu sapi juga mengandung vitamin D yang dapat memberikan perlindungan serupa.

Susu sapi bisa mengatasi depresi

Jumlah vitamin D yang memadai dalam tubuh dapat mendukung produksi serotonin, hormon yang terkait dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Sementara kekurangan vitamin D dapat menyebabkan depresi, kelelahan kronis, dan PMS. Susu sapi dan makanan lainnya biasanya diperkaya dengan vitamin D. Jadi, bila sedang mengalami depresi, minumlah susu sapi, karena manfaat susu sapi dapat menenangkan.

Menurunkan risiko osteoarthritis

Osteoarthritis pada lutut saat ini belum ada penyembuhannya, tetapi para peneliti mengatakan manfaat minum susu sapi setiap hari bisa menurunkan perkembangan penyakit ini. Penelitian mereka dipublikasikan di American College of Rheumatology Journal Arthritis Care & Research.

Selain manfaat-manfaat di atas, susu murni juga diyakini bisa membantu meningkatkan kesuburan. Meski memiliki efek positif, susu murni justru akan berdampak negatif bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu efek negatifnya adalah meningkatkan kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein) dalam tubuh. Hal ini terjadi karena susu murni mengandung lebih banyak lemak, dibandingkan dengan susu skim atau susu rendah lemak.

(Suntingan: Bbs, Net, Info keDokteran)

 

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
January 13, 2020 at 06:22PM
https://ift.tt/2Tr0hiG

Manfaat dan Kandungan Susu Sapi untuk Kesehatan - MetroBanten
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaat dan Kandungan Susu Sapi untuk Kesehatan - MetroBanten"

Post a Comment


Powered by Blogger.