Search

Perbedaan Susu Evaporasi dan Kental Manis - Medcom ID

Jakarta: Susu evaporasi merupakan salah satu jenis susu yang cukup sering dibuat untuk berbagai hidangan. Susu evaporasi cukup sering digunakan untuk membuat camilan seperti dessert dan makanan-makanan manis. Sama seperti kental manis yang juga sering digunakan untuk dipakai pada makanan manis. Namun ternyata, susu evaporasi berbeda dengan kental manis.
 
“Susu evaporasi adalah susu sapi yang 60 persen kadar airnya dihilangkan dari susu segar dengan cara dipanaskan pada suhu 118 – 122 derajat celsius selama beberapa menit,” ujar Hening Utami, seorang ahli gizi, pada acara KULWAP bersama KALCare, Kamis, 23 April 2020.
 
Ia menjelaskan bahwa susu yang dipanaskan tersebut akan menguap sehingga kandungan airnya menjadi lebih sedikit sehingga akhirnya mengental. “Susu ini bisa disimpan dalam waktu lama dan tidak gampang basi,” ujar Hening.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Susu evaporasi merupakan produk olahan dari susu sapi, sehingga kandungannya sama seperti susu segar pada umumnya yaitu mengandung protein, kalsium, vitamin, kalori, lemak, dan laktosa,” tutur Hening.
 
Ia menjelaskan bahwa perbedaan antara susu evaporasi dengan kental manis adalah kandungan gulanya. 
 
“Seperti namanya, kental manis selalu diberi pemanis. Sementara susu evaporasi tidak. Kandungan gula yang ditambahkan dalam kental manis sekitar 40 – 50 persen. Bagi pasien diabetes, konsumsi kental manis sangat tidak disarankan karena kandungan gula yang tinggi dapat membuat lonjakan kadar gula darah secara drastis,”ujar Hening.
 
Beberapa orang juga menyebutkan bahwa rasa dari susu evaporasi cenderung lebih enak dibandingkan susu UHT. Menurut Hening, rasa susu evaporasi yang cenderung lebih enak tersebut dikarenakan terciptanya caramel yang berasal dari panas selama proses evaporasi.
 
“Rasa caramel inilah yang membuat rasa susu menjadi lebih legit, manis, sedap dan aromatik,” ujar Hening. 
 
Susu evaporasi juga bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Pada umumnya, susu evaporasi disimpan dalam kemasan kaleng sehingga membuat susu evaporasi tidak mudah rusak.
 
Jadi, mulai sekarang Anda bisa mencobanya. Misalnya campurkan dalam kopi atau espresso Anda untuk rasa kopi yang lebih creamy.

 


(TIN)

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
April 26, 2020 at 04:14PM
https://ift.tt/3eKKAey

Perbedaan Susu Evaporasi dan Kental Manis - Medcom ID
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perbedaan Susu Evaporasi dan Kental Manis - Medcom ID"

Post a Comment


Powered by Blogger.