Search

Marak Covid-19, Pekerja Industri Susu: Saat ini Kami… - Industry

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sesuai dengan prinsipnya, Passion in Every Drop, ahli produk susu dan produk olahan susu, PT Green Fields Indonesia terus berupaya mewujudkan komitmennya membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan gizi harian.  

Komitmen tersebut dapat dilhat dalam kondisi pandemi Covid-19,  karyawan peternakan dan pabrik Greenfields di Malang ini, tetap bekerja memerah sapi-sapi dan memproses susu sapi segar untuk dijadikan produk-produk bergizi, berkualitas dan lezat yang dapat dinikmati oleh konsumen setiap harinya. 

Meskipun tetap bekerja normal, namun selama bekerja di peternakan dan pabrik, para karyawan Greenfields menerapkan prosedur keamanan dan kebersihan yang ketat serta kebijakan-kebijakan untuk menjamin kesehatan pekerja. 

Iwan Santoso, Milking Assistant Supervisor mengatakan karyawan peternakan Greenfields sadar bahwa sekarang ini, penting bagi masyarakat Indonesia untuk bisa mendapat asupan gizi agar bisa tetap fit. 

Untuk itu, para pekerja akan terus menyediakan produk susu bergizi dan lezat yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia di rumah masing-masing. 

"Walaupun kami harus berpisah sementara dengan keluarga, kami yakin ini adalah langkah terbaik untuk membantu meratakan kurva penyebaran virus Corona. Kami juga merasa bahwa merupakan tanggung jawab kami untuk tetap menyediakan produk susu terbaik kepada masyarakat Indonesia, terutama di saat produk bergizi sangat dibutuhkan," jelas Iwan Santoso kepada Industry.co.id Sabtu (4/4).

Sementara, M.Kohar, Feed Coordinator menyebut sekarang ini banyak juga karyawan perusahaan-perusahaan yang sudah bekerja dari rumah. 

Namun, dirinya bersama rekan kerjanya yang lain tidak akan pulang dan bertemu keluarga untuk sementara waktu untuk membantu meratakan kurva penyebaran virus Corona. 

"Kami karyawan peternakan Greenfields terus semangat dalam melayani masyarakat Indonesia dengan menyediakan produk susu terbaik untuk dinikmati di rumah. Selain itu, peternakan adalah rumah saya dan dengan tetap berada di peternakan, saya sudah menjalankan anjuran untuk work from home,” ujar Kohar. 

Sementara itu ditempat terpisah, Eva Yuliana Ari Wardhani, HRGA Manager Greenfields mengatakan pihaknya sudah menerapkan protokol pencegahan virus Corona dari sebelum ada kabar virus masuk ke Indonesia. 

"Sejak akhir bulan Januari, pabrik Greenfields sudah menyediakan hand sanitizer untuk para karyawan dan memeriksa suhu tubuh setiap pengunjung sebelum memasuki area pabrik," ujar Eva Yuliana.  

Dijelaskannya, pengunjung pabrik juga wajib mengisi travel declaration form dan health declaration form untuk memastikan mereka dalam keadaan sehat dan dalam 14 hari terakhir tidak mengunjungi daerah yang terpapar virus Corona. 

Bagi karyawan yang baru kembali dari daerah-daerah tersebut, mereka wajib untuk mengisolasi diri dan bekerja dari rumah selama 14 hari sebelum bisa memasuki area pabrik.

"Setiap ruangan di pabrik dan titik-titik yang sering disentuh dengan tangan juga disterilisasi dengan disinfektan setiap harinya," ungkapnya. 

Sementara terkait Social distancing, lanjut Eva juga telah diterapkan di pabrik Greenfields, di mana para karyawan untuk sementara tidak makan bersama di kantin guna mencegah terjadinya perkumpulan orang dalam jumlah yang banyak.

"Para karyawan yang tetap datang ke pabrik untuk bekerja juga menerapkan social distancing di dalam area ruang kerja," katanya.  

Setiap karyawan wajib menjaga jarak dengan orang di sekitarnya, paling sedikit 1 meter dan ada jarak antar meja, beberapa ruang pertemuan juga digunakan sebagai ruang kerja dengan jarak terpisah antar karyawan. 

Selain itu, pertemuan di kantor, walaupun semua anggota berada di tempat yang sama, dilakukan secara virtual dan tidak face-to-face.

“Greenfields ini adalah salah satu perusahaan yang sudah menerapkan tindakan preventif virus Corona sebelum ada arahan dari pemerintah dan bahkan sebelum ada kabar virus Corona masuk ke Indonesia. Beberapa waktu lalu, semua karyawan pabrik juga dikumpulkan untuk diberikan arahan dan diberdayakan untuk melewati masa yang berat ini. Yang membuat saya salut adalah semangat kerja para karyawan yang tidak keberatan untuk tetap bekerja karena mereka merasa bertanggung jawab untuk bisa terus menyediakan produk susu berkualitas kepada masyarakat Indonesia," jelas Eva. 

Adapun Yandri Nursal, Operations Manager menyampaikan apresiasi dan menghargai upaya yang dilakukan perusahaan untuk membantu pekerja melewati masa yang kurang menyenangkan ini. 

Menurutnya, sebelum mulai bekerja, suhu badan para pekerja selalu diperiksa dan selalu dihimbau membersihkan tangan dengan sabun serta dengan sanitasi alkohol agar bebas dari kuman. 

"Setiap hari ada pemeriksaan secara acak untuk memastikan bahwa semua karyawan di pabrik Greenfields bekerja dengan tubuh yang fit. Tersedia juga klinik dengan dokter yang bertugas sehingga kalau ada dari antara kami yang merasa kurang fit, bisa langsung konsultasi ke dokter tersebut,” ungkap Yandri Nursal.

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
April 04, 2020 at 10:20AM
https://ift.tt/2R7TfNR

Marak Covid-19, Pekerja Industri Susu: Saat ini Kami… - Industry
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Marak Covid-19, Pekerja Industri Susu: Saat ini Kami… - Industry"

Post a Comment


Powered by Blogger.