Search

Susu vs Yogurt, Manakah yang Lebih Sehat? - Merah Putih

SELAIN teh atau kopi, susu dan yogugrt jadi pilihan minuman saat sarapan. Ya, keduanya memang dikenal memiliki manfaat bagi tubuh. Meskipun sama-sama merupakan produk dari susu, keduanya punya kandungan nutrisi yang berbeda loh.

Susu didapat dari perahan binatang ternak, umumnya sapi atau kambing. Ada juga minuman pengganti susu dari tumbuhan, seperti kacang kedelai atau almond. Sementara itu, yogurt merupakan susu yang kemudian difermentasikan dengan penambahan bakteri baik.

BACA JUGA: Penting, Minum yang Cukup sebelum Berkendara

Data Komposisi Pangan Indonesia menyebut susu sapi segar mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, natrium, vitamin A, B, C, dan D. Semua kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menjaga tekanan darah tetap normal.

Kandungan nutrisi yogurt tidak berbeda jauh dengan susu sapi, yakni kalsium, zat besi, dan beragam vitamin A, B, C, serta D. Namun, yogurt diperkaya dengan probiotik atau bakteri baik yang hidup di sistem pencernaan. Itulah mengapa yogurt sangat menyehatkan sistem pencernaan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

milk
Nutrisi susu membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menjaga tekanan darah tetap normal.(foto: pixabay/coleur)

Dengan kandungan nutrisi sedemikian rupa, susu atau yogurt sudah pasti amat bermanfaat bagi tubuh. Meskipun demikian, bukan berarti kamu boleh mengonsumsinya dalam jumlah berlebih. Kedua minuman ini mengandung kalori yang jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Selain itu, kandungan lemak jenuh dalam susu juga cenderung tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi terlalu banyak.

Dalam satu hari, anak-anak diperbolehkan minum susu sebanyak 2 gelas ukuran 250 ml, sedangkan orang dewasa 3 gelas susu dengan ukuran yang sama. Sementara itu, untuk yogurt, anak berusia di atas 9 tahun diperbolehkan makan sebanyak 750 gram yogurt per hari atau setara dengan 3 cangkir kecil.

Untuk mendapat manfaat kesehatan dari susu ataupun yogurt, pilihlah jenisnya sesuai dengan kebutuhanmu. Misal, jenis susu rendah lemak untuk mereka yang punya diabetes.

Dalam hal memilih yogurt, selain memprhatikan tekstur dan rasa, cermati juga jenis dan label kemasan yogurt.

yogurt
Yogurt diperkaya probiotik baik untuk pencernaan. (foto: pixabay/bumiputera)

Kamu lebih baik memilih greek yogurt ketimbang yogurt biasa. Pilih juga plain yogurt karena karena kandungan gulanya yang lebih rendah. Tambahkan saja buah-buahan kesukaannmu sebagai perasa.

Buat kamu yang punya intolerans lakstosa, tidak disarankan minum susu hewani loh. Ganti pilihan dengan minuman pengganti susu dari bahan nabati, seperti sari kedelai atau almond. Namun, kamu masih bisa mencicip yogurt. Hal itu disebabkan kandungan laktosa pada yogurt cukup rendah.

Agar lebih aman, coba dulu mengonsumsi yogurt dalam jumlah kecil. Jika tidak timbul reaksi alergi, berarti kamu bisa menikmati yogurt.(*)

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
November 22, 2019 at 10:02AM
https://ift.tt/2ObZy2a

Susu vs Yogurt, Manakah yang Lebih Sehat? - Merah Putih
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Susu vs Yogurt, Manakah yang Lebih Sehat? - Merah Putih"

Post a Comment


Powered by Blogger.