Search

Ketahui Bahaya Minum Susu Mentah, Bisa Memicu Keracunan - Lampung.co

Lampung.co – Susu memang menyehatkan, namun jika mengonsumsinya dalam keadaan mentah, maka Anda berisiko mengalami efek samping, misalnya seperti keracunan. Selain dari kandungan susu itu sendiri, proses pemerahan susu yang tak bersih bisa memicu efek buruk saat mengonsumsinya. Hindari untuk tak mengonsumsinya, jika Anda ingin terhindar dari bahaya minum susu mentah.

Mengapa Susu Harus Dipasteurisasi Terlebih Dahulu?
Umumnya, susu yang telah diperah dari sapi atau pun domba, akan melewati proses pasteurisasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Proses pasteurisasi dilakukan untuk mensterilkan susu, dengan cara memanaskannya hingga mencapai susu 60 atau 70 derajat Celcius. Dengan melakukan pasteurisasi, maka bakteri dan jamur yang sekiranya terkandung dalam susu akan bisa dibasmi.

Pasteurisasi dipastikan dapat membunuh organisme yang berbahaya dalam susu, penyebab ragam penyakit seperti demam tifoid, tuberkulosis, difteri, dan juga listeriosis. Susu yang telah dipasteurisasi tak akan mengalami pengurangan nutrisi dan bisa bertahan cukup lama sebelum dikonsumsi. Pasteurisasi pada umumnya, bisa membuat susu bertahan 2 hingga 3 minggu lamanya.

Bahaya Minum Susu Mentah, dari Keracunan Hingga Keguguran
Walau sebagian orang menganggap susu aman dikonsumsi dalam kondisi mentah, namun praktisi kesehatan sama sekali tak menganjurkannya. Alasannya karena adanya kemungkinan kandungan bakteri dan jamur berbahaya, seperti salmonella, yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beragam efek buruk yang bisa ditimbulkan karena pengonsumsian susu mentah.

1. Keracunan Makanan
Susu mentah yang memiliki pH netral, serta kaya akan nutrisi dan air, membuatnya menjadi tempat yang ideal bagi perkembang biakan bakteri. Ketika susu diperah, maka bakteri yang berasal dari tangan dan peralatan memerah yang kotor, feses, serta peralatan penyimpanannya rentan untuk mengontaminasi susu mentah tersebut. Makanya, dibutuhkan pasteurisasi untuk mensterilkannya.

Beragam bakteri terkandung dalam susu mentah. Bakteri yang dimaksud seperti Salmonella, E. coli, dan juga Listeria Campylobacter. Bakteri inilah yang nantinya menyebabkan orang yang mengonsumsi susu mentah mengalami keracunan. Gejala keracunan yang ditimbulkan seperti mual, muntah, diare, nyeri pada perut, disertai dengan suhu badan yang meningkat drastis.

Jika keracunan susu mentah dialami oleh orang yang memiliki kekebalan tubuh tinggi, maka gejalanya ini bisa mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Berbeda jika susu mentah yang telah terkontaminasi bakteri, dikonsumsi oleh lansia, anak-anak, wanita hamil, serta orang dengan daya tahan tubuh rendah. Efek susu mentah yang dikonsumsi golongan ini akan jauh lebih parah.

2. Kecacatan pada Janin dan Keguguran
Wanita hamil terutama sekali disarankan untuk tidak mengonsumsi susu dalam keadaan mentah. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan kontaminasi bakteri Listeria pada susu tersebut. Bakteri ini dapat menyebabkan terjadinya keguguran, kecacatan, serta kematian pada bayi yang baru dilahirkan. Keguguran bisa saja dialami, bahkan jika sang ibu sendiri tak merasakan sakit apa pun.

3. Sindrom Hemolitik Uremik
Sindrom hemolitik uremik merupakan kondisi medis yang ditandai dengan gagal ginjal akut atau uremia, anemia hemolitik, dan menurunnya jumlah keping darah. Sindrom ini terutama sekali kerap dialami oleh anak-anak. Salah satu penyebab dari sindrom ini adalah infeksi bakteri E. coli, yang bisa ditemukan dalam susu mentah.

Bahaya minum susu mentah tak hanya terbatas pada keracunan saja, melainkan ada efek yang lebih ekstrem seperti keguguran dan sindrom hemolitik uremik. Jika tak ingin kesehatan terganggu karena mengonsumsinya, pastikan Anda hanya mengonsumsi susu yang telah dipasteurisasi. Susu yang dipasteurisasi akan bebas dari bakteri patogen yang berisiko menyebabkan penyakit.

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
November 08, 2019 at 03:00PM
https://ift.tt/36Myfml

Ketahui Bahaya Minum Susu Mentah, Bisa Memicu Keracunan - Lampung.co
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketahui Bahaya Minum Susu Mentah, Bisa Memicu Keracunan - Lampung.co"

Post a Comment


Powered by Blogger.