Search

Tak Semua Jenis Susu Cocok Dicampur Kopi, Apa yang Terbaik? - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Kopi susu sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Kopi susu disukai oleh para pemula ataupun mereka yang ingin bersantai dengan kopi yang tak terlalu pahit.

Namun, jika ingin membuat kopi susu sendiri, memastikan bahan-bahan yang tepat pun harus dilakukan. Khususnya untuk susu, barista Febi Amelia mengatakan bahwa tidak semua jenisnya cocok untuk dipadukan dengan kopi.

“Susu ragamnya ada banyak. Ada low fat, almond, kental manis, full cream, skim dan sebagainya. Tapi tidak semua cocok untuk dijadikan kopi susu,” katanya dalam acara Nespresso Barista Creations di Jakarta pada 17 Oktober 2019.

Lalu, susu seperti apa yang baik untuk dicampur dengan kopi? Febi mengatakan bahwa full cream adalah susu yang paling cocok untuk kopi susu. Alasan pertama adalah karena susu full cream mengandung protein dan lemak. Keduanya sangat diperlukan untuk menciptakan tekstur kopi susu yang ideal. “Jadi lebih creamy,” katanya.

Susu full cream juga dipercaya bisa menyatukan rasa dengan kopi yang lebih seimbang. Sebab, fungsi dari susu sendiri harus bisa mengurangi rasa pekat dari kopi. “Kalau diberi susu full cream, kopinya tidak terlalu peka tapi seimbang dengan susu,” katanya.

Febi juga menyarankan untuk menggunakan susu full cream dengan keadaan dingin. Alasannya rasa susu bisa berubah jika berada dalam suhu yang panas. “Biasanya di atas suhu 68 derajat celcius, susu akan berganti rasa. Ini mengubah struktur protein yang mempengaruhi hasil akhir kopi susu,” katanya.

Let's block ads! (Why?)



"susu" - Google Berita
October 18, 2019 at 06:11PM
https://ift.tt/2psED0T

Tak Semua Jenis Susu Cocok Dicampur Kopi, Apa yang Terbaik? - Tempo
"susu" - Google Berita
https://ift.tt/2M1UM5W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Semua Jenis Susu Cocok Dicampur Kopi, Apa yang Terbaik? - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.